KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Nganjuk Hadiri Raker Penyusunan Dapil

Telah Dibaca : 149 kali

KPU Nganjuk- KPU Provinsi Jawa Timur menggelar rapat kerja penyusunan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu 2019, Jumat 6 Oktober 2017 di Aula BKD Kab Lumajang. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jawa Timur serta Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Divisi Teknis KPU Jawa Timur M. Arbayanto menuturkan, penataan dan penyusunan dapil untuk DPRD Kabupaten/Kota dilakukan oleh KPU setempat dan ditetapkan oleh KPU RI. KPU Kabupaten/Kota diminta segera membuat daftar inventarisasi masalah disandingkan dengan pertumbuhan penduduk pasca Pemilu 2014 silam. "Setelah KPU mengkaji segera lakukan uji publik yang melibatkan parpol, Panwaslu, dan masyarakat. Disitu nanti ada masukan dan respons. Karena dalam proses penyusunan dapil ini parpol akan sangat berkepentingan," kata M. Arbayanto.

Di tempat yang sama, Divisi Teknis KPU Kabupaten Nganjuk, Pujiono menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa desain dapil untuk DPRD Kab Nganjuk. Semua desain itu berhubungan dengan penataan dapil di 20 kecamatan se-nganjuk. "Penyusunan Dapil mengacu pada prinsip proporsionalitas, kesetaraan nilai suara, dan kesinambungan. Jadi nanti akan kami formulasikan ulang desain ini di internal KPU sebelum nanti dibawa ke uji publik," kata Puji seraya menambahkan, mengacu pada jumlah penduduk semester 1 tahun 2017 yang mencapai satu Juta lebih, alokasi kursi DPRD Kab Nganjuk pada Pemilu 2019 mendatang berkisar 50 kursi.

Diketahui, pada Pemilu 2014 silam, Kab Nganjuk terbagi menjadi 5 dapil. Yakni Dapil I terdiri dari 8 kursi; Dapil II, 9 kursi; Dapil III 9 kursi; Dapil IV 9 kursi; Dapil V  10 kursi. (pu)

Anda berada di : KPU Nganjuk Hadiri Raker Penyusunan Dapil