KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Nganjuk Hadiri Sosialisasi Pamswakarsa oleh Satpol PP

Telah Dibaca : 103 kali

KPU Nganjuk- Rabu pagi (6/12), Sosialisasi Tahapan Pilkada di kegiatan Pamswakarsa  yang digelar di Gondang oleh Satuan Pamong Praja (Satpol PP) berjalan dengan lancar. Acara ini dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, Babinsa (Bintara Pembina Desa) dari TNI, Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dari Kepolisian, perwakilan Linmas (Perlindungan Masyarakat) dari empat Kecamatan sekaligus. Yaitu kecamatan Rejoso, Gondang, Ngluyu dan Lengkong. Selain itu, di jajaran undangan VIP tampak Camat, Kapolsek (Kepala Kepolisian Sektor) dan Danramil (Komandan Komando Rayon Militer), Panwascam PPK dan PPS  dari 4 kecamatan tersebut.

Adapun narasumber-narasumber untuk acara sosialisasi tahapan ini adalah M. Agus Rahman Hakim (Ketua KPU Kab Nganjuk), Abdul Syukur Junaidi (Ketua Panwaslih Kab. Nganjuk), Ipda Santoso (Perwakilan Polres) dan Kapten Suwoto (Pasi Intel Kodim 0810 Nganjuk). di dalam pembukaan acara, ada sambutan dari Kepala Satpol PP yakni Des. Abdul Wakit, MM,  yang menyebutkan " Sosialisasi ini sudah dilaksanakan sebanyak empat kali. oleh karena itu, diharapkan agar nantinya pelaksanaan Pilkada, bisa berjalan dengan aman dan tertib. Linmas akan punya tanggung jawab besar membantu Polisi dan TNI dalam menciptakan suasana aman dan tertib serta damai", ucap Kasatpol dengan tegas.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari para narasumber.  Giliran pertama adalah Ketua KPU Nganjuk M. Agus Rahman Hakim yang menuturkan mengenai tahapan-tahapan penting yang patut mendapat perhatian terkait kondisi keamanan dan ketertiban. "Tanggal 27 Juni 2018 adalah puncak pelaksanaan pemberian suara. Akan tetapi sebelum dan sesudah tanggal itu, ada banyak kegiatan penting. Sebelum hari H ada sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, Pencalonan termasuk pendaftaran dan penetapan paslon serta pengundian nomor urut, Kampanye, dan distribusi logistik. Setelah hari H, ada penghitungan suara, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten dan penetapan Pasangan Calon terpilih," tandas Ketua KPU dalam penjelasannya.

Selain itu, Abdul Syukur Junaidi (Ketua Panwaslih Kab. Nganjuk) menyampaikan paparannya mengenai penyelenggara Pemilu yang  telah dibagi menjadi 3 komponen yaitu KPU dan jajarannya, Bawaslu dan jajaannya serta DKPP (Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu). Sia juga mwngingatkan bahwa penyelenggara Pilkada punya kode etik yang harus dipegangi, yakni mentaati peraturan perundang-undangan, non partisan dan netral, transparan, akurat, melayani pemilih. Selain itu Abdul Syukur Junaidi juga mengajak hadirin untuk  mengawasi bersama, sesuai tugas dan kewajiban masing-masing. Sementara itu, Ipda Santoso (Perwakilan Polres) juga meminta untuk mengoptimalkan pembinaan kamtibmas, intelijen dan pemetaan potensi kerawanan. Terutama deteksi dini potensi konflik di masyarakat dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan konflik.

Sedangkan,  Kapten Suwoto (Pasi Intel Kodim 0810 Nganjuk) menjelaskan terkait dengan berbagai potensi gangguan dan ancaman kepada petugas KPU, Panwaslih, tim sukses paslon dan calon pemilih.  Beliau juga menegaskan dan mengingatkan kembali bahwaTNI, POLRI, ASN harus netral. Tidak boleh mendukung paslon kampanye, termasuk meminjamkan sarana kendaraan untuk kegiatan paslon seperti kampanye dan sebagainya. (iv_zy)

Anda berada di : KPU Nganjuk Hadiri Sosialisasi Pamswakarsa oleh Satpol PP