KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Nganjuk Resmi Launching Gerakan Melindungi Hak Pilih Pada Hari Kesaktian Pancasila

Telah Dibaca : 32 kali

KPU Nganjuk- Tepatnya pada senin (01/10) sore, seluruh PPK pileg pilpres tahun 2019 se-kabupaten Nganjuk diundang oleh KPU dalam rangka pencermatan ulang Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 1 dan launching GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih). Kegiatan ini digelar di ruang rapat KPU Nganjuk sekitar pukul 14.00 s/d 16.00 WIB. Acara ini bertepatan dengan hari kesaktian pancasila. Dimana ketika pembukaan berlangsung, Pujiono (Div. Teknis KPU Nganjuk) menyatakan bahwa "DPTHP 1 ini ada karena hasil DPT yang dicermati oleh Parpol mengalami perbedaan. Sehingga, harus diadakan pencermatan lebih lanjut oleh jajaran PPK pileg dan pilpres tahun 2019 agar hasil DPT benar-benar valid," tandas Pujiono dengan serius.

Kemudian juga ada pemaparan dari Muchiyin (Div. Perencanaan dan Data KPU Nganjuk) yang memaparkan terkait data ganda yang ada di beberapa kecamatan yang masih perlu dicermati ulang. Oleh karena itu, Muchiyin menghimbau kepada seluruh PPK agar mencermati DPTHP tahap 1 dengan cermat dan teliti. Selain itu, divisi perencanaan dan data KPU Nganjuk itu juga menjelaskan terkait tahapan program dan jadwal penyempurnaan DPTHP 2.

"Untuk tahapan penyempurnaan data DPTHP 2, maka KPU mengambil langkah bahwa pada tanggal 1 s/d 28 oktober akan dibuka posko layanan pemilih GMHP bagi pemilih yang belum terdaftar di DPTHP-1. Kemudian juga ada sosialisasi dalam bentuk ledang di masing-masing kecamatan pada tanggal 1 s/d 8 oktober. Setelah itu, pada tanggal 9 oktober direncanakan akan ada kegiatan koordinasi dengan lembaga pemasyarakatan Kelas IIB Nganjuk (Lapas Nganjuk). Kemudian ada kegiatan monitoring dan supervisi di tingkat PPK dan PPS pada tanggal 8 s/d 28 oktober 2018. Setelah itu akan ada rapat penyusunan hasil pencermatan DPTHP 2 yang akan dilaksanakan di tingkat Desa pada tanggal 29 oktober s/d 3 nopember 2018. Sedangkan, untuk tingkat kecamatan DPTHP 2 ditingkat akan dimulai pada tanggal  1 s/d 6 nopember. Setelah itu, juga ada sinkronisasi DPTHP 2 dengan Parpol dan Bawaslu Nganjuk yang rencananya dilaksanakan sekitar tanggal 4 s/d 10 nopember. Kemudian pada tanggal 9 s/d 11 nopember akan dilakukan rekapitulasi DPTHP 2 di tingkat kabupaten", tutur Muchiyin memberikan penjelasan.

Sementara itu, Yudha Harnanto juga menyinggung mengenai tujuan diadakannya Launching GMHP ini. "Program launching GMHP ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat umum bahwa partisipasi aktif mereka sangat penting dan dibutuhkan untuk proses pemilihan pemimpin yang akan datang. Untuk itu, mari sama-sama kita rangkul masyarakat umum lainnya untuk ikut melindungi hak pilih mereka dengan baik," pungkas Yudha Harnanto dengan tegas. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama dengan Pihak KPU Nganjuk dan PPK Pileg Pilpres tahun 2019. (iv_zy)

Anda berada di : Launching Gerakan Melindungi Hak Pilih