KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPK Dorong Pelaporan LHKPN Cabup Dan Cawabup Secara Online

Telah Dibaca : 473 kali

KPU Nganjuk- Sejak hari rabu tanggal 8 November 2017. KPU Nganjuk telah  menjadi salah satu partisipan dalam acara bimbingan teknis terpadu gelombang 4 di Semarang. Adapun salah satu pembahasan penting yang disampaikan oleh KPK yaitu mengenai penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Calon Bupati dan Wakil Bupati. Berdasarkan UU no.28 tahun 1999 bahwasanya, penyelenggaraan negara yang bersih  itu harus terbebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Selain itu, ternyata ada juga pembahasan mendalam mengenai LHKPN itu sendiri. Ada dua cara penyampaian LHKPN. Adapun cara pertama yaitu dengan sistem Offline, di mana para penyelenggara negara bisa langsung menggunakan formulir dan dokumen dalam bentuk excel versi 1,8 kemudian langsung mengirim dokumen tersebut ke email KPK.

Sedangkan, cara yang kedua yaitu dengan menggunakan sistem on-line. Sistem ini memiliki tiga tahapan, yaitu: E-Registrasi, E-Filling, dan E-Announcement. Tahap E-Registrasi adalah tahap pendataan dan pendaftaran, dimana para penyelenggara negara diwajibkan mengisi formulir LHKPN. Kemudian pada tahap E-Filling, para penyelenggara negara wajib mengunggah dokumen-dokumen berharga yang dimiliki. Selanjutnya, pada tahap ketiga yakni E-Announcement yaitu tahap di mana informasi mengenai LHKPN resmi di upload di website KPK atau di instansi-instansi negara.

Dari kedua cara ini, KPK menegaskan bahwa cara kedua ini yang harus diprioritaskan. "Kecuali Kabupaten Anda sangat sulit mendapatkan akses internet", tandas Cahya Harefa sebagai narasumber KPK. (iv_zy)

Anda berada di : LHKPN Cabup Dan Cawabup Secara Online