KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Orang-Orang Penting KPU Nganjuk sampaikan Materi Bimtek PPK

Telah Dibaca : 32 kali

KPU Nganjuk- Setelah Peserta memadati ruang Roro Kuning kompleks Pemda Nganjuk, materi yang pertama pun disampaikan oleh Agus Rahman Hakim (Ketua KPU Nganjuk). Beliau menyampaikan mengenai beberapa tahapan sosialisasi untuk penyelenggaraan pemilihan. "Adapun waktu sosialisasi itu dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2017  s/d 26 juli 2018. Yang harus digarisbawahi mengenai sosialisasi yang dilaksanakan oleh PPK dan PPS harus benar-benar mengundang tokoh-tokoh masyarakat setempat, yang memungkinkan menyebarluaskan materi yang didapat saat sosialisasi kepada orang-orang di sekitarnya. Selain itu, diharapkan kepada penyelenggara pemilihan nantinya bisa bersikap kreatif dalam melaksanakan sosialisasi di zaman now ini. Penyelenggara pemilihan bisa memanfaatkan kecanggihan media sosial dalam melakukan sosialisasi melalui akun facebook, instagram, twitter, website, youtube dan sebagainya". Tutur Agus Rahman Hakim panjang lebar.

Sementara itu, waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB. Itu artinya, waktu ISHOMA yang diberikan untuk segenap peserta Bimtek PPK telah tiba. Pihak KPU Nganjuk memberikan durasi waktu selama satu jam kepada para peserta Bimtek dan mereka harus kembali ke ruangan pada pukul 13.00 WIB untuk melanjutkan materi yang belum sempat tersampaikan. Setelah waktu ISHOMA habis, para peserta Bimtek PPK kembali ke ruangan. Mereka terlihat sudah siap menerima materi yang kedua.

Adapun materi kedua disampaikan oleh Pujiono (Divisi Teknis) yang menyampaikan mengenai teknis pelaksanaan pemilihan secara umum. Kemudian materi selanjutnya  disampaikan oleh Muchiyin (Divisi perencanaan dan Data KPU Nganjuk). Beliau membahas mengenai jumlah TPS yang ada di kabupaten Nganjuk dengan diproyeksikan pada estimasi Data Pemilih di masing-masing kecamatan, dan dengan mempertimbangkan kondisi geografis dan DAK2 (Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan). "Jadi untuk jumlah TPS di kabupaten Nganjuk itu ada 2079 TPS yang akan digunakan dalam Pilkada Serentak yang akan datang". Tutur Muhciyin menjelaskan kepada peserta Bimtek PPK.

Sedangkan materi ketiga disampaikan oleh Kustoyo (Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Nganjuk) beliau menyampaikan sedikit ulasan mengenai dana dan data yang transparan artinya tidak ada sesuatu yang dirahasiakan oleh penyelenggara pemilihan. Kemudian, dilanjutkan oleh Dedih Sutardi (Sekretaris KPU Nganjuk) yang memaparkan mengenai honor PPK dan PPS serta pengadaan barang-barang yang harus dipenuhi oleh anggota PPK seperti pengadaan flashdisk, modem dan sebagainya.

Sedangkan materi selanjutnya akan disampaikan oleh Yudha Harnanto (Divisi Hukum KPU Nganjuk). Beliau membahas mengenai pembagian anggota PPK sesuai dengan divisi yang ada di KPU Nganjuk. Tidak hanya itu saja, beliau juga memaparkan mengenai divisi hukum. "Perlu diketahui bersama bahwasanya, divisi hukum itu merupakan divisi 'selimut' yang menyelimuti tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu dari awal hingga akhir. Bahkan setelah penyelenggaraan Pilkada berakhir, 'residu' Pilkada itu masuk ke ranah divisi hukum. Contohnya, pada waktu pemilihan di Papua mengalami kericuhan. Padahal itu sudah terjadi pada 2 tahun yang lalu, tapi kasusnya masih dibicarakan hingga sekarang. Nah, itu merupakan salah satu ranah divisi hukum dalam melaksanakan tugasnya". Tandas Yudha Harnanto mencoba menjelaskan. Acara Bimtek PPK ini pun berakhir pada pukul 16.00 WIB dengan ditandai penyerahan berkas yang harus diisi untuk tiap-tiap kecamatan yang ada di kabupaten Nganjuk. (iv-zy)

Anda berada di : Orang-Orang Penting KPU Nganjuk sampaikan Materi Bimtek PPK