KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pemilih Pemula Tolak Money Politics

Pelajar pemilih pemula dari seluruh penjuru Nganjuk bertekad untuk menolak money politics (politik uang) dalam Pemilukada Kabupaten Nganjuk Tahun 2012 dan melakukan penyadaran kepada teman-teman dan masyarakat di sekitarnya akan pentingnya Pemilukada yang bersih, jujur, adil dan bebas dari berbagai pelanggaran. Tekad itu dinyatakan secara serempak oleh ratusan pelajar yang mewakili ratusan SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Nganjuk dalam “Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemula Pemilukada Kabupaten Nganjuk Tahun 2012” yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nganjuk, Minggu (23/09/2012). Bahkan di antara mereka ada yang mensinyalir bahwa orang yang membagi-bagikan uang agar terpilih sebenarnya adalah orang yang bodoh.

Acara yang terselenggara atas kerja sama dengan Konsorsium untuk Pemilukada Berkualitas (LSM Nusa Bangkit Nganjuk, PC Lakpesdam NU Nganjuk, PC FSPRMI Nganjuk dan PC PMII Nganjuk) di Gedung Wanita ini dikemas sedemikian rupa untuk menumbuhkan kesadaran dan bukan sekedar untuk menumpuk teori dan pengetahuan tentang dasar-dasar kepemiluan, terlebih hanya sekedar menyebarluasan informasi mengenai waktu, tanggal dan tempat pemungutan suara dalam Pemilukada Nganjuk 2012.

“Untuk itulah lebih dari 50% porsi waktu kami alokasikan untuk berdialog dengan batin audiens melalui musik dan lagu-lagu bertemakan kritik sosial seperti ‘Kesaksian’, ‘Manusia Setengah Dewa’, ‘Perahu Retak’ dan lain-lain sehingga kesadaran mereka tergugah dan terpacu untuk bangkit turut serta memikirkan nasib rakyat Nganjuk. Kemudian kesadaran itu mereka bawa ke dalam bilik suara dan lebih jauh, menyebarkan ‘virus positif’ demokrasi tanpa kecurangan ke masyarakat sekitarnya”, papar Burhanuddin El-Arif, Koordinator Konsorsium Untuk Pemilukada Berkualitas. Ditambahkannya, menumbuhkan kesadaran sosial dan sikap kritis itu yang lebih diperlukan dibandingkan pendekatan kognitif saja.

Hal ini senada dengan pandangan KPU Kabupaten Nganjuk yang berharap bahwa seluruh elemen masyarakat turut memiliki kesadaran bahwa Pemilukada Kabupaten Nganjuk bukan sekedar kepentingan pada kandidat saja, dan bukan pula sekedar peristiwa datang ke TPS mencoblos tanpa ada keterikatan tanggung jawab dari pemilih atas pilihan yang mereka buat. “Setiap suara yang diberikan adalah mandat untuk mengelola Kabupaten Nganjuk selama 5 (lima) tahun. Itu berarti setiap individu memiliki beban tanggung jawab moral untuk dapat menentukan pilihan sebaik-baiknya dan memilih pemimpin yang terbaik secara cerdas,” tutur M. Agus Rahman Hakim, SH, Ketua Pokja Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Nganjuk. Ia menambahkan, untuk dapat memilih secara cerdas, dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan secara aktif berdiskusi dengan teman, tetangga, intelektual, guru, ustadz, Kyai dan sebagainya ataupun rajin mengakses informasi mengenai para bakal pasangan calon melaui berbagai media, baik elektronik maupun cetak.

Dalam Sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Drs. Juwahir juga mengajak para pelajar calon pemilih pemula peserta sosialisasi untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak “golput”. Diajaknya para audiens yang masih penuh harapan dan semangat perubahan itu untuk menyebarluaskan slogan “Golput = NO! Menggunakan Hak Pilih = YES! (Kim/Artnoris)

 

Comments

avatar purwanto
0
 
 
Justru yang pakai uang malah calon incumben No. 2, saya dengar yang bagi bagi uang di desa desa / di gunung . sasarannya orang miskin dan bodoh jadi gampang dipengaruhi
Name *
Email (For verification & Replies)
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Submit Comment
Batal
avatar tranz
0
 
 
semangat semoga bisa merubah mindset yg selama ini membelenggu .......mari katakan "TIDAK" pada money politics
Name *
Email (For verification & Replies)
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Submit Comment
Batal
avatar salam
0
 
 
nama-nama pelamar calon KPU kok ditampilkan di website ya?terus tanggal tahapan ujiannya juga
Name *
Email (For verification & Replies)
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Submit Comment
Batal
Name *
Email (For verification & Replies)
Code   
Submit Comment
Anda berada di : Pemilih Pemula Tolak Money Politics