KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Penyandang Disabilitas Lakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Bersama KPU Nganjuk

Telah Dibaca : 99 kali

KPU Nganjuk- Masih dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Disabilitas dalam Pemilu Tahun 2019, yang digelar oleh KPU di kelurahan Begadung-Nganjuk pada rabu (17/10) pagi. Seluruh peserta yang hadir terlihat begitu antusias mendengarkan penjelasan-penjelasan dari Kristanto (Kasubbag Teknis KPU Nganjuk) yang memaparkan materi mengenai simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan dibantu Emilia (Penerjemah isyarat).

Kristanto meminta 7 orang peserta untuk maju dan mempraktekkan simulasi pemungutan suara. Adapun 7 peserta tersebut memiliki kekurangan yang berbeda-beda. Ada tuna rungu, tuna grahita dan tuna wicara. Mereka semua mulai mengambil surat suara yang sudah disediakan oleh petugas. Mereka mendapatkan 5 surat suara yang meliputi surat suara untuk Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Kemudian, mereka masuk ke dalam bilik suara untuk menggunakan hak pilih nya dengan dibantu oleh Kristanto yang mengambil peran sebagai petugas KPPS. Setelah dari bilik suara, mereka menuju ke petugas penjaga kotak suara. Disini mereka harus memasukkan surat suara yang telah di coblos. Setelah selesai memasukkan surat suara, mereka mencelupkan jari kelingking pada tangan sebelah kanan ke dalam tinta sebagai tanda bahwa mereka telah menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu Satria (Salah satu penyandang disabilitas) yang memakai kursi roda juga dibantu oleh petugas dari awal hingga akhir simulasi pemungutan suara. "Sekarang petugas KPPS harus memperhatikan akses para penyandang disabilitas. Baik itu tempat TPS, pintu masuk dan keluar TPS, meja bilik bahkan ketinggian kotak suara. Untuk itu, jangan khawatir untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih kalian semuanya," ucap Kristanto (Kasubbag Teknis KPU Nganjuk) dengan jelas. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. dan selesai pada pukul 12.00 WIB. (iv_zy)

Anda berada di : Penyandang Disabilitas Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara