KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tiga Pemeriksaan Untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati

Telah Dibaca : 570 kali

KPU Nganjuk- Mampu secara jasmani dan rohani berdasarkan  hasil pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, merupakan salah satu persyaratan menjadi calon bupati dan wakil bupati. Sehingga terkait dengan pemeriksaan secara menyeluruh ini akan melibatkan 3  (tiga) komponen yang melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Danardi Sosrosumihardjo dari Badan Pusat IDI dalam lanjutan Bimbingan Teknis Terpadu Gelombang IV hari kedua, yang dilaksanakan di hotel Gumaya Tower Semarang, menyampaikan "Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan oleh 13 dokter spesialis, 1 dokter gigi dan 5-6 orang perawat, yang dilaksanakan di RSUD tipe A. Nanti dokter yang bertugas adalah anggota IDI yang memiliki STR/SIP yang masih berlaku dan ditunjuk oleh pengurus IDI di wilayah".

Sementara itu, Wakil Ketua III pengurus HIMPSI, Andik Matulessy menyatakan bahwa kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seseorang dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial. Sehingga diharapkan seseorang memiliki intelegensi, mampu mengendalikan diri dan emosi, memiliki harapan hidup dan kapasitas dalam mencapai tujuan. "Asesmen dilakukan melalui tes psikologi yang standar dan interview" lanjut Andik.

Pemeriksaan yang terakhir adalah tes narkoba yang dilakukan oleh BNN. Sedangkan tes narkoba itu sendiri akan dilakukan melalui tes urine, meskipun tes narkoba itu sendiri dapat dilakukan melalui darah dan rambut. (artnoris)

Anda berada di : Tiga Pemeriksaan Untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati