KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU dan Kemenkumham Bahas beberapa kesepahaman dalam menghadapi Pemilu 2024

Telah Dibaca : 49 kali

KPU Nganjuk- Selasa, 24 Mei 2022, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari bersama anggota serta Deputi bidang dukungan teknis mendatangi Kementerian Hukum dan HAM untuk membahas beberapa hal menyangkut pemantapan kesiapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan tahun 2024. Pertemuan ini dimaksud untuk membahas kepastian badan hukum partai politik percepatan harmonisasi peraturan KPU, layanan pemilih bagi pemilih di Lapas atau Rutan dan pemilih di luar negeri serta kategori mantan terpidana. Pada kesempatan ini Ketua KPU RI menyampaikan :

“yang pertama adalah produk hukum KPU yaitu peraturan-peraturan KPU karena menurut undang-undang tentang pembentukan peraturan perundang-undangan itu ada proses pengundangan yang menjadi tugas dan wewenang Kemenkumham, karena tugas dan tahapan kepemiluan ada batas-batas waktunya kami mohonkan kepada Menteri Hukum dan HAM untuk proses harmonisasi dan pengundangan menjadi prioritas kemenkumham”, jelasnya.

Sedangkan terkait layanan memilih bagi pemilih di Lapas dan Rutan, Hasyim meminta dukungan Kemenkumham termasuk dalam proses pendataan daftar pemilih serta fasilitasi bagi pemilih di luar negeri ini juga merupakan domain Kemenkumham.

Sementara Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyambut baik kunjungan ini. Yasonna menyampaikan beberapa hal terkait layanan bagi warga binaan, Kemenkumham juga komitmen untuk membantu dan menyegerakan terkait prioritas harmonisasi produk hukum KPU. Terkait ini Menkumham mengatakan agar PKPU yang dikirimkan kepada kita supaya dapat kami prioritaskan karena inilah tahapan Pemilu agar kualitas demokrasi kita bisa berjalan dengan baik”, tegas Yasonna. (nanang)

Anda berada di : Berita KPU Nganjuk KPU dan Kemenkumham Bahas beberapa kesepahaman dalam menghadapi Pemilu 2024