KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Kabupaten Nganjuk Ikuti Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penyampaian Rencana Penarikan Dana Oleh KPPN Kediri

Telah Dibaca : 55 kali

KPU Nganjuk- Bertempat di ruang pengelola keuangan, KPU Kabupaten Nganjuk mengikuti Bimtek penyusunan dan penyampaian rencana penarikan dana oleh KPPN Kediri pada hari Kamis (01/04/2021) secara daring melalui aplikasi ZOOM. Bimbingan teknis dilakukan guna mendukung kelancaran pelaksanaan anggaran tahun 2021 melalui proyeksi kas yang lebih baik. Bimtek diikuti oleh bendahara dan staf pengelola keuangan KPU Kabupaten Nganjuk, dengan pemateri dari KPPN Kediri Harsih dan Zainal.

Agar pelakasaan anggaran 2021 lancar, maka rencana Penarikan Dana (RPD) sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 197/PMK.05/2017 diterapkan kembali dengan ketentuan , (1) Satuan Kerja (Satker) menyusun RPD bulanan sesuai dengan halaman III, (2) Satker merinci RPD bulanan ke dalam rencana pencairan dana sesuai tanggal jatuh tempo pembayaran, (3) Berdasarkan RPD tersebut, Satker menyusun rencana pencairan dana berdasarkan nilai pembayaran serta menyampaikannya ke KPPN, (4) Satker dapat melakukan update/perubahan RPD sebelum pencairan. Apabila terdapat kebutuhan yang penting dan mendesak, dapat diajukan dispensasi RPD kepada Kepala KPPN.

Agar ketentuan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 197/PMK.05/2017 dapat dipenuhi oleh semua satker ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Harsih selaku pemateri dari KPPN menyampaikan “ pada saat pertama kali membuka menu PPDH, secara otomatis data rencana penarikan dana (PPDH) terbentuk selama satu tahun (per bulan, per tanggal dan per jenis belanja) sesuai formula yang telah ditentukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara (PKN) berdasarkan data halaman 3 DIPA.” Lebih lanjut Harsih menambahan  data PPDH tersebut dapat disesuikan oleh PPK sesuai kalender kegiatan masing-masing PPK per bulan, pertanggal dan jenis belanjanya. “ Yang harus digaris bawahi sisa pagu per jenis belaja setelah dibuatkan PPDH per bulan, pertanggal dan per jenis belanja pada bulan Desember harus bernilai 0 (nol),” lanjutHarsih menjelaskan. (Kd10)

Anda berada di : Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penyampaian Rencana Penarikan Dana Oleh KPPN Kediri