KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Gelar Bimtek dan Mapping Kegiatan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019

Telah Dibaca : 195 kali

KPU Nganjuk- Sabtu, 26 Januari 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten  Nganjuk gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Mapping Kegiatan Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 di kabupaten Nganjuk. Acara tersebut diselenggarakan di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) kabupaten Nganjuk, pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Setelah sebelumnya atau lebih tepatnya kemarin, 24 Januari 2019 KPU juga menyelenggarakan pengukuhan dan bimtek terhadap para relawan demokrasi Pemilu 2019 di gedung pertemuan Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro.

Perlunya KPU menyelanggarakan kegiatan ini salah satunya ialah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat di wilayah Nganjuk khususnya terkait pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2019. Sehubungan dengan masyarakat Nganjuk yang tersebar di berbagai wilayah dan wilayah Nganjuk sendiri pun yang sangat luas, maka kehadiran relawan demokrasi tersebut juga menjadi penting. Karena relawan demokrasi ini hadir guna membantu tugas-tugas KPU untuk menyosialisasikan terkait seluk beluk Pemilu 2019.

“Relasi adalah masyarakat yang peduli terhadap penyebaran informasi terkait kepemiluan hingga sampai ke penjuru lapisan masyarakat luas, dengan harapan semua masyarakat bisa faham tata cara memilih, mau memilih dan mampu memilih sesuai dengan kehendaknya. Oleh karena itu seorang Relasi harus mempunyai pengetahuan, wawasan dan pandangan ke depan yang luas, serta dituntut untuk memahami regulasi kepemiluan yang berlaku”, kata komisioner KPU Kab. Nganjuk Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Kustoyo dalam sambutannya.

“Untuk menjadi Relasi Pemilu 2019 ini, memang tidak semudah membalikkan tangan. Perlu adanya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi dan tes seleksi yang harus dijalani. Ini semua untuk menunjang tugas-tugas kalian kedepannya yang tidak ringan. Jadi 55 orang anggota Relasi peserta bimtek ini adalah benar-benar orang pilihan. Mengingat dari 87 pendaftar, kalianlah yang terseleksi yang dianggap mampu mengemban tugas sebagai Relasi Pemilu 2019 ini.”, kata Kristanto, kasubag Teknis KPU Kab. Nganjuk, saat mulai memberikan pengarahan bimtek. Sebagai Kasubag teknis beliaulah yang akan selalu mendampingi, dalam pengertian akan sering menjadi sasaran konsultasi baik mengenai teknik kerja Relasi maupun pembuatan laporannya.

“Mapping yang kita buat hari ini, adalah sebagai acuan kerja kita ke depan, maka kita membuatnya yang harus bisa kita laksanakan di lapangan. Silahkan berkoordinasi satu sama lain untuk merencanakan kerja, baik kerja secara individu maupun secara kelompok. Dan jangan lupa kalian harus saling membantu dalam menyelesaikan tugas, jangan sampai ada alasan lagi seperti Relasi Pilkada dulu banyak pembuatan laporan yang terlampat.”, lanjut Kristanto.

Relawan Demokrasi ini merupakan suatu bentuk partisipasi masyarakat Nganjuk atas terselenggaranya Pemilu serentak 2019 yang akan dilaksanakan Rabu, 17 April 2019 mendatang. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, KPU juga para Relasi sudah mulai bekerja sejak saat ini. Relawan Demokrasi tersebut terbagi menjadi beberapa segmen, diantaranya ialah segmen basis Keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Pemilih Penyandang Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Pemilih Marginal, Pemilih Komunitas, Keagamaan, dan Warga Internet (Netzen). Jadi untuk masyarakat Nganjuk yang belum pernah mengikuti Pemilu sebelumnya atau masih bingung jangan khawatir ya, ada Relasi Pemilu 2019 yang akan mengupas habis seluk beluk Pemilu Tahun 2019. Mari kita sukseskan Pemilu Tahun 2019 dengan hadir dan memilih di TPS masing-masing. Kalau masih bisa memilih kenapa tidak. Jangan golput, kalau pilih salah satu saja sudah cukup. Mari kita wujudkan Negara Indonesia yang demokratis. Pemilih Berdaulat Negara Kuat. (Relasi-Naila)


Anda berada di : Bimtek dan Mapping Kegiatan Relawan Demokrasi