KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

DP3 Salah Satu Program Seksi KPU

Telah Dibaca : 57 kali

KPU Nganjuk- Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) adalah salah satu program Komisi Pemilihan Umum dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara kuantitas maupun kualitas. Dasar hukum tentang DP3 tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Persiapan penentuan locus dari DP3 dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur dengan menggelar rapat koordinasi pada Rabu (30/6/2021) yang diikuti oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur secara virtual melalui zoom meeting. Sebelumnya, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Indonesia telah mendapatkan pembekalan tentang DP3 pada kegiatan FGD yang digelar oleh KPU RI pada Kamis (20/5/2021).

Ada beberapa kriteria sebuah desa bisa menjadi locus dari DP3, diantaranya tingkat partisipasi masyarakat rendah, daerah dengan tingkat pelanggaran tinggi dan daerah rawan konflik/bencana. Dikarenakan program DP3 untuk tahun anggaran 2021 baru ada di tingkat provinsi, maka KPU Provinsi Jawa Timur memberikan kesempatan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk mengusulkan 2 (dua) locus sesuai kriteria yang sudah ditentukan. "KPU Provinsi akan memilih beberapa locus yang diusulkan berdasarkan pertimbangan yang ada," ujar Gogot Cahyo Baskoro anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosdiklih Parmas dalam arahannya terkait persiapan DP3 di Jawa Timur.

Program DP3 merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa yang berkesinambugan guna meningkatkan pengetahuan dan kepedulian serta meningkatkan partisipasi masyarakat  dalam pemilu dan pemilihan. Secara tidak langsung program ini juga dapat membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang rasional dan berdaulat. Mengingat dari setiap locus desa akan dilatih agen-agen pemilu yang merupakan bagian dari masyarakat di desa tersebut untuk kemudian memberikan edukasi kepemiluan dengan pendekatan lokal. Harapannya dengan adanya edukasi yang efektif kepedulian masyarakat tentang Pemilu dan Pemilihan semakin meningkat. Harapannya akan memasifkan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi. (AY)

Anda berada di : DP3 Salah Satu Program Seksi KPU