KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

DPTb Pemilu Tahun 2019 Nganjuk Ditetapkan

Telah Dibaca : 358 kali

KPU Nganjuk- Senin (18/02), KPU Nganjuk melaksanakan Rapat Pleno Terbuka  Rekapitulasi DPTb (Daftar pemilih Tambahan) Pemilu tahun 2019, di Aula kantor KPU Nganjuk, jalan Widas nomor 01, Begadung. Rapat pleno ini dihadiri oleh 20 ketua PPK dan Anggota yang menangani Data Pemilih, ketua Partai Politik, Dispendukcapil, Forpimda, ketua Bawaslu dan ke-lima anggota KPU Nganjuk.

Rapat dimulai pukul 10.19 WIB. dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjukan sambutan oleh ketua KPU Kab. Nganjuk M. Agus Rahman Hakim, SH. Dalam sambutannya Agus menyampaikan pentingnya akurasi data pemilih pemilu tahun 2019 ini. Mengingat semakin kritisnya masyarakan dalam mencermati tahapan Pemilu, apalagi beberapa kali pemilu yang lalu yang menjadi sorotan dan permasalahan adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kali ini penetapan DPTb bukan kali terakhir, karena masih ada penetapan lagi satu bulan kedepan. Kaitannya dengan logistik surat suara, kalau dulu dengan adanya pindah pilih jumlah surat di TPS tetap tidak berubah sesuai dengan jumlah DPTnya ditambah 2 %. Kalau sekarang, surat suara mengikuti pindah pilihnya. Pemilih menggunakan hak pilihnya berpindah dari TPS asalnya, maka surat suaranya akan mengikuti di mana dia menggunakan hak pilihnya. Artinya apabila suatu TPS ada pemilih yang menggunakan hak pilihnya di luar TPS tersebut, maka surat suaranya akan dikurangi sesuai dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih di luar TPS tersebut dan pemilih tersebut akan mendapatkan surat suara yang sesuai dengan haknya tergantung dari Daerah Pemilihan (Dapil) TPS yang dituju.” Papar Agus dalam sambutannya.

Selesai sambutan, Agus Rahman membuka Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Kabupaten Nganjuk Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 dengan bacaan Bismillahirahmaaniraahiim. Rapat selanjutnya dipimpin oleh Muchiyin, komisioner KPU Kab. Nganjuk Div. Perencanaan Data dan Informasi.

Dari hasil rekap DPTb lewat PPS dan PPK, yang terdiri dari 284 Desa/Kelurahan dan 20 Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk diperoleh data sebagai berikut. Terdapat  35 Desa/Kelurahan, 54 TPS, 859.478 DPT DPTHP-2, 227 Pemilih Pemilih Masuk (DPTb), 297 Pemilih Pemilih Keluar dan 859.408 jumlah Pemilih. Hasil tersebut disampaikan dan ditawarkan kepada peserta rapat untuk ditanggapi. “Bagaimana dari Partai Politik, Dispendukcapil, Forpimda, ketua Bawaslu apa ada tanggapan atau masukan.”, kata Muchiyin disaat minta tanggapan peserta rapat Pleno. Dari tawaran Muchiyin tersebut ternyata semua yang hadir sudah menyetujui hasil penetapan DPTb tersebut , dan dinyatakan hasil penetapan DPTb sudah sah. Acara dilanjutkan penanda tanganan Berita Acara oleh ke-lima Komisioner KPU Kab. Nganjuk, dan selanjutnya penyerahan berita acara kepada seluruh instansi terkait. (Kus, iv_zy)

Anda berada di : DPTb Pemilu Tahun 2019 Nganjuk Ditetapkan