KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hoax Politik Untuk Ciptakan Kebencian Hingga Permusuhan

Telah Dibaca : 53 kali

KPU Nganjuk- Salah satu ciri-ciri hoax politik adalah, pesan dirancang untuk menciptakan kecemasan, kebencian, kecurigaan, atau ketidakpercayaan, hingga permusuhan. Demikian materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Henry Subiakto, salah satu nara sumber pada sesi I Konsolidasi Regional (konreg) II Partisipasi Masyarakat di Manado, Sulawesi Utara, kamis (13/09/19). Prof. Dr. H. Henry Subiakto, merupakan staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bidang Hukum dan guru besar FISIP Universitas Airlangga.

Selain itu, ciri-ciri hoax politik yang lain adalah sumber informasi atau medianya tidak jelas identitasnya, sehingga tidak ada yang bisa dimintai tanggung jawab atau dimintai klarifikasi terhadap kebenaran isinya, mengeksploitasi fanatisme, kebencian berdasar SARA, pesan tidak lengkap, serta menggunakan kata-kata provokatif.

Dalam paparannya, Prof. Henry Subiakto juga menyampaikan bahwa fenomena komunikasi politik di era digital ini siapapun bisa menjadi komunikator politik, siapapun bisa jadi pemroduksi pesan, jadi wartawan, jadi pengamat dll. Dimana media sosial digunakan sebagai senjata disinformasi untuk mempengaruhi proses politik, sehingga banyak konten negatif di media sosial yang berpengaruh pada netizen. (artnoris)

Anda berada di : Hoax Politik Ciptakan Kebencian Hingga Permusuhan