KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Komisi Informasi Jawa Timur Sosialisasikan Keterbukaan Informasi Publik

Telah Dibaca : 95 kali

KPU Nganjuk- Untuk mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada badan publik, Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur melakukan Sosialisasi KIP, khususnya dilingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) se Jawa Timur, hari ini Senin (28/06/2021). Bertempat di ruang rapat KPU Nganjuk, tampak Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Kurrotul A'yuni, bersama Sub Koordinator Teknis dan Hupmas, Kristanto, mengikuti acara tersebut secara virtual (zoom meeting).

Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang­Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Transparansi mendorong partisipasi masyarakat untuk memantau dan memberikan masukan terhadap kualitas pembangunan. Masyarakat juga berhak untuk melakukan evaluasi terhadap proses pembangunan dan pelaporannya. Jika terjadi check and balance antara pemerintah dan masyarakat, maka akuntabilitas pembangunan akan tercapai.

Herma Retno Prabayanti, Komisioner Komisi Informasi Jawa Timur Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi dalam paparannya menyampaikan bahwa badan publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada Pemohon Informasi Publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan. “Setiap Badan Publik wajib mengumumkan Informasi Publik secara berkala, dilakukan paling singkat 6 (enam) bulan sekali,” tegasnya. (artnoris)

Anda berada di : Komisi Informasi Jawa Timur Sosialisasikan Keterbukaan Informasi Publik