KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Mempersiapkan Pemilu 2019, KPU Kab. Nganjuk Adakan Rapat Intern

Telah Dibaca : 39 kali

KPU Nganjuk- Kamis (21/02). KPU Nganjuk melaksanakan Rapat Internal dengan membahas teknik dan mekanisme penghitungan suara, di Aula Kantor KPU Kab. Nganjuk, jl. Widas no. 01 Begadung, Nganjuk. Rapat diikuti oleh  seluruh komisioner dan jajaran sekretariat, mulai dari sekretaris, kasubbag dan seluruh staf yang ada di KPU Kab. Nganjuk. Rapat dimulai sekitar pukul 09.17 WIB. yang dibuka oleh ketua KPU M. Agus Rahman Hakim, dan dilanjutkan pengarahan.

"Tahapan-tahapan yang akan kita hadapi ini tidak sama dengan tahapan seperti pilkada atau pemilu sebelumnya. Jadi, tolong jangan samakan. Ini berbeda. Ada 5 jenis pemilihan yang dikemas dalam satu waktu. Tentunya, ini juga menjadi tugas kita bersama dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019 ini. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan kinerja kita dalam bekerja. Jika ada kendala-kendala yang dihadapi tolong dicatat dan segera melapor agar nantinya ada solusi-solusi terkait kendala yang tengah dialami, tetap semangat dan mari kita sukseskan pemilu tahun ini bersama-sama," kata Agus dalam arahannya, sembari memberi semangat dan pesan kehati-hatian dalam melaksanakan tugas masing-masing.

Pujiono selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan, memaparkan tentang persiapan, tata cara pemilihan dan penghitungan suara, yang nantinya akan dilaksakan di TPS pada tangal 17 April 2019. Dimulai dari penyampaian surat pemberitahuan dari KPPS kepada pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS, hingga urutan penghitungan surat suara.

"Pada tanggal 12 April 2019, KPPS akan mengumumkan tempat dan waktu pemilihan suara. Kemudian pada tanggal 14 April 2019, KPPS memberikan Form C.6-KPU atau surat pemberitahuan untuk memilih kepada Pemilih. Pada tanggal 16 April 2019 adalah jadwal Pendistribusian  Logistik Pemilu di TPS dari PPS kepada KPPS. KPPS mempersiapkan TPS. Dan pada tanggal 17 April 2019 dilangsungkan pemungutan suara beserta Penghitungan Suara," kata Pujiono.

Sementara itu Divisi Perencanaan data dan Informasi, Muchiyin, menyampaikan terkait batas waktu pelayanan DPTb tahap awal yang berakhir pada tanggal 17 februari. Hal ini ternyata masih ada waktu satu bulan berikutnya untuk pelayanan DPTb hingga tanggl 17 Maret 2019. “Kita masih menyediakan waktu pelayanan DPTb hingga satu bulan sebelum pelaksanaan pemilihan dan pemungutan suara, yaitu pada tanggal 17 maret 2019 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi pemilih yang ingin melakukan pindah pilih sehingga bisa mengurangi angka golput pada pelaksanaan Pemilu 2019 nanti.”, jelas Muchiyin.

Kemudian Kustoyo (Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi masyarakat) juga menjelaskan tentang tahapan dan jadwal pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). "Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPPS akan dilakukan pada tanggal 28 februari hingga 5 Maret. Pada tanggal 6 s/d 12 Maret Penerimaan Pendaftaran Calon Anggota KPPS dalam 2 rangkap berkas. Tanggal 13 s/d 17 Maret Penelitian Administrasi Kelengkapan Persyaratan Calon Anggota KPPS. Tanggal 17 s/d 19 Maret Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi Kelengkapan Persyaratan Calon Anggota KPPS. Tanggal 20 hingga 25 Maret masukan dan tanggapan masyarakat terhadap Calon Anggota KPPS. Seleksi wawancara anggota KPPS, apabila pendaftar lebih dari 7 orang, dilakukan pada tanggal 24 Maret dan penetapan dan hasil pengumumannya disampaikan antara tanggal 24 s/d 26 maret. Dan pada tanggal 27 maret akan ada pelantikan KPPS,"ucap Kustoyo menjelaskan. (iv_zy)

Anda berada di : KPU Kab. Nganjuk Adakan Rapat Intern