KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Menjelang Pemilu KPU Nganjuk Laksanaan Rapat Koordinasi Dengan Instansi Terkait

Telah Dibaca : 103 kali

KPU Nganjuk- Untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2019 KPU Nganjuk mengadakan rapat koordinasi dengan instansi terkait, Rabu (27/02) sekitar pukul 09.30 s/d 12.00 WIB. Rapat membahas masalah keamanan tahapan Pemilu 2019,. Rapat diselenggara di kantor KPU Nganjuk, jl. Widas no. 01 Begadung, melibatkan 8 instansi terkait yang diundang oleh KPU Nganjuk, yakni  Polres Nganjuk, Kodim 0810, Satpol PP, Kesbangpolinmas, Kejaksaan Negeri Nganjuk, PT. Temprina, Bawaslu dan Asisten Pemerintahan.

Dalam rapat ini, Komisioner KPU Nganjuk yang membidangi Hukum dan Pengawasan, Yudha Harnanto memberikan pemaparan terkait persiapan yang harus segera dilaksanakan oleh KPU Nganjuk  terkaitan dengan semakin dekatnya hari pelaksanaan Pemungutan Suara. Ada tiga poin penting yang sedang dan segera dilaksanakan, yaitu pembentukan KPPS, koordinasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, persiapan logistik dan pengamanannya.

"KPU Nganjuk akan mempersiapkan 3 hal penting. Pertama, terkait SDM, dalam hal ini Pembentukan KPPS yang akan dimulai pada tanggal 28 februari besok di tingkat PPS secara terbuka untuk umum. Kemudian nantinya akan ditetapkan acara sumpah dan pelantikan KPPS pada tanggal 27 maret 2019 mendatang. Kedua adalah pembahasan terkait koordinasi pemungutan dan penghitungan suara. Ketiga adalah terkait persiapan logistik dan pengamanan logistik kepemiluan. Untuk saat ini, persiapan Logistik KPU Nganjuk sudah mencapai angka 80%. KPU Nganjuk juga memiliki 2 gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu tahun 2019. Gudang lama terletak di Karya Agung daerah Kedondong, Bagor. Kemudian gudang yang baru adalah GOR Bungkarno Nganjuk yang telah di sewa selama 84 hari. Untuk itu, kami berharap kepada seluruh instansi terkait, khususnya kepada Polres Nganjuk untuk koordinasi dan kerjasama melakukan pengamanan Gudang logistik yang baru dengan pengamanan yang ketat. Karena rencananya, GOR Bungkarno tersebut akan dijadikan tempat untuk setting dan packing kotak suara dari kardus serta pelipatan surat suara" tandas Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Nganjuk dengan tegas.

Sementara itu, Prayitno (KasubagBin Ops Bag Ops Polres Nganjuk) menyebutkan terkait pengamanan gudang nantinya akan disiapkan dengan maksimal. "Kami akan mengalihkan personil ke gudang yang baru dan akan menyiapkan personil kami untuk pengamanan logistik pemilu tahun 2019. Sehingga, pemilu 2019 bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar," ucap Prayitno.

Devid Nurrohman dari pihak Satpol PP, menyampaikan terkait mekanisme pengamanan logistik pada saat sebelum pelaksanaan pemilu hingga sesudah pelaksanaan pemilu. "Kami akan mengerahkan seluruh personil. Dan menugaskan masing-masing 3 linmas untuk menjaga logistik kepemiluan ditingkat desa dan masing-masing 10 orang linmas di tingkat kecamatan," ucap Devid Nurrohman.

Sementara Bawaslu, yang diwakili oleh Fina Lutfiana (Kordiv. Penindakan Pelanggaran Bawaslu Nganjuk) yang berharap agar seluruh proses tahapan pemilu ini dilalui dengan lancar tanpa adanya suatu halangan apapun. "Semoga seluruh rangkaian tahapan pemilu tahun 2019 ini bisa berjalan dengan tertib, aman lancar dan damai," ungkap Fina Lutfiana menyampaikan harapannya. (iv_zy)

Anda berada di : KPU Nganjuk Laksanaan Rapat Koordinasi Dengan Instansi Terkait