KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Lokakarya Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Telah Dibaca : 187 kali

KPU Nganjuk – Dalam rangka meningkatkan kualitas penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), KPU Kabupaten Nganjuk mengikuti kegiatan Lokakarya Penyusunan SAKIP yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Kegiatan lokakarya diikuti oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan dilaksanakan secara daring pada Kamis (12/08/2021). Lokakarya Penyusanan SAKIP, juga turut mengundang pemateri dari Kemepan RB dan Inspektorat Jendral KPU Republik Indonesia.

Lokakarya Penyusunan SAKIP di buka oleh Choirul Anam, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya Choirul Anam berharap dengan adanya kegiatan lokakarya ini, seluruh KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur dapat menyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan baik dan sesuai harapan. Pada sesi I (pertama), Gempar Genafianto Analis Kebijakan Madya dari Kempan RB memaparkan tentang gambaran umum dalam penyusunan SAKIP. “Secara umum terdapat lima unsur dalam Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah, yaitu Perencanaan, Pengukuran, Pelaporan, Evaluasi, dan Capaian Kinerja”, paparnya kepada seluruh peserta. Selain gambaran umum mengenai SAKIP, Gempar juga menyampaikan hal yang menarik yaitu Cascading/Pohon Kerja dalam penyusunan SAKIP.

Pada sesi II (kedua), paparan diisi oleh Dody Eka dari Inspektorat Jendral KPU RI. Dody menyampaikan materi tentang teknis dan evaluasi dalam penyusunan Rencana Strategis pada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Dalam menyusun renstra dody menyampaikan agar KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota tidak hanya berpedoman pada renstra KPU RI tetapi juga harus menyesuaikan dengan sasaran kegiatan yang dilaksanakan di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Kegiatan lokakarya penyusunan SAKIP ditutup dengan closing statement dari Miftahur Rozaq, Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur. Rozaq berharap dengan adanya lokakarya ini nilai SAKIP di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur dapat sesuai dengan harapan.(Surya)

Anda berada di : Lokakarya Penyusunan Sakip