KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Menilik Titik Kritis Tahapan Pencalonan Anggota DPRD

Telah Dibaca : 100 kali

KPU Nganjuk- Pencalonan Anggota DPRD merupakan salah satu tahap krusial dalam rangkaian tahapan Pemilihan Umum (Pemilu). Sehingga dalam proses pencalonan ini perlu dicermati titik-titik kritis setiap tahapannya, dengan harapan pada saatnya nanti (Pemilu 2024) dapat berjalan dengan tertib sesuai ketentuan da peraturan yang berlaku. Ini yang menjadi topik bahasan dalam diskusi yang dilaksanakan KPU Nganjuk, hari ini (16/8/2021).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nanang Wahyudi, memberikan paparan awal dalam diskusi ini, mulai dari dasar hukum, syarat pengajuan bakal calon dan syarat bakal calon, waktu dan tempat penyerahan dokumen pengajuan calon. Pada tahap ini, Nanang melihat titik kritis yang perlu dicermati salah satunya adalah penyerahan berkas pendaftaran dihari terakhir dan jam mendekati penutupan. “Disini kita perlu melibatkan seluruh SDM yang ada, dan dibantu oleh tenaga-tenaga pendukung karena kecermatan dan ketelitian dalam memeriksa berkas dokumen pengajuan bakal calon mutlak diperlukan,” tegasnya.

Sementara itu Yudha Harnanto, Komisioner Divisi Hukum juga mengingatkan dalam daftar bakal calon wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30% (tiga puluh persen) disetiap daerah pemilihan (Dapil). “Jadi ini perlu kita tekankan lagi kepada Partai Politik peserta Pemilu, terkait keterwakilan perempuan ini untuk menjadi salah satu perhatian, dimana pada susunan daftar calon disetiap 3 (tiga) orang bakal calon, wajib terdapat paling sedikit 1 (satu) orang bakal calon perempuan,” pungkasnya. Perlu diketahui diskusi ini dilakukan KPU Nganjuk dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pemilu Tahun 2024. (artnoris)

Anda berada di : Menilik Titik Kritis Tahapan Pencalonan Anggota DPRD