KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Program DP3 Untuk Tingkatkan Kepedulian dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu

Telah Dibaca : 92 kali

KPU Nganjuk- Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tahapan Pemilu dan Pemilihan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan KPU dalam hal peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan.  Untuk menjaring masukkan terkait program tersebut, KPU RI melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) Kamis (20/5).

FGD di laksanakan secara daring dengan narasumber Kementerian PDTT, Perludem, dan sejumlah pengamat demokrasi serta akademisi di Indonesia. Sebagai peserta dalam kegiatan daring tersebut adalah KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dan Subbag yang membidangi partisipasi masyarakat.

Dalam kegiatan FGD Anggota Evi Novida Ginting Manik menyampaikan, guna menghindari hal-hal yang kemudian bisa menurunkan tingkat kepercayaan publik kepada KPU maka KPU merencanakan program desa peduli Pemilu dan Pemilihan yang berdasarkan kewilayahan. “dalam persiapan Pemilu 2024, diharapkan KPU dapat memberikan sosialisasi secara massif tentang Tahapan kemudian memberikan sosialisasi pendidikan pemilih secara berkesinambungan serta dapat mensosialisasikan kebijakan-kebijakan KPU”, jelas Evi Novida Ginting Manik.

Sementara itu I Dewa Raka Sandi, Divisi Parmas KPU RI juga  menyampaikan, program desa peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa yang berkesinambugan guna meningkatkan pengetahuan dan kepedulian serta meningkatkan partisipasi masyarakat  dalam pemilu dan pemilihan. Secara tidak langsung program ini juga dapat membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat.

Oleh karenanya, lanjut Dewa, pihaknya berharap dari FGD ini dapat menghimpun masukan guna membuat modul teknis Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang nantinya menjadi pedoman dalam menjalankan program ini semakin sempurna.

Kepedulian Masyarakat sebagai warga negara dalam konteks Pemilu dan Pemilihan akan membawa mereka untuk aktif adalah tujuan utama dari program ini (DP3). Salah satu tujuan dibentuknya program tersebut yaitu untuk memassifkan pendidikan politik dan peningkatan partisipasi. Kegiatan FGD ini dipandu langsung oleh Deputi Bidang Teknis KPU RI yang didampingi oleh Anggota KPU Republik Indonesia. (run)

Anda berada di : Program DP3 Untuk Tingkatkan Kepedulian dan Partisipasi Masyarakat