KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022

Telah Dibaca : 98 kali

KPU Nganjuk – Senin (27/06/2022) bertempat di aula pertemuan KPU Kabupaten Nganjuk, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022 di tingkat Kabupaten. Hal ini sudah menjadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali.

Seperti pada periode sebelumya, pada kegiatan koordinasi kali ini KPU Kabupaten Nganjuk juga mengundang Kepala Dispendukcapil, Komandan Kodim 0810 Nganjuk, Kapolres Nganjuk, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Nganjuk, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Nganjuk, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bakesbangpol, Ketua Partai Politik di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan rapat dibuka oleh Pujiono selaku Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, dalam sambutannya Pujiono menyatakan bahwa Tahapan Pemilu 2024 sudah resmi berjalan, KPU masih akan terus melakukan Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Berdasarkan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2021 tanggal 11 November 2021. Partai Politik dan Masyarakat luas bisa melihat langsung rekapitulasi pemilih secara langsung melalui aplikasi mobile “Lindungi Hakmu” yang bisa didapatkan di PlayStore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kpu.ppdb),

Selanjutnya pelaksanaan rapat koordinasi dipandu oleh Muchiyin selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dengan membacakan Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). “Tujuan dilaksanakannya Pemutakhiran DPB Semester I ini yaitu untuk memperbaharui, memelihara dan mengevaluasi daftar pemilih Pemilu terakhir secara terus menerus guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya,” terang Muchiyin.

Dalam kesempatan tersebut Muchiyin juga menyampaikan bahwa pada bulan Juni ini, KPU Kabupaten Nganjuk memperoleh data padan hasil sinkronisasi data KPU dengan Kemendagri dalam skala nasional. Data tersebut diketahui bersumber dari Data SIAK dan BPS sensus. Kemudian sebagai tindaklanjut terhadap data tersebut, KPU Kabupaten Nganjuk melakukan analisa data dan uji petik. Beberapa data diketahui sudah masuk dalam kegiatan pemutakhiran (Ganda / Meninggal / Pindah) pada periode sebelumnya, sedangkan data yang lainnya yang masih tercatat aktif segera masuk dalam data perubahan pada pemutakhiran Semester I di bulan Juni 2022 kali ini.

Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I ini dituangkan dalam Berita Acara Nomor : 34/PK.01/3518/2022 dengan jumlah pemilih sebanyak 862.325 (Delapan ratus enam puluh dua ribu tiga ratus dua puluh lima), dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 429.870 (Empat ratus dua puluh sembilan ribu delapan ratus tujuh puluh) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 432.455 (Empat ratus tiga puluh dua ribu empat ratus lima puluh lima pemilih, tersebar di 20 (Dua puluh) Kecamatan. #Kd10

Anda berada di : Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022