KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Rapat Koordinasi Teknis PAW ( Pergantian Antar Waktu ) Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019

Telah Dibaca : 167 kali

KPU Nganjuk- PAW Anggota DPR dan DPRD merupakan proses penggantian anggota dewan yang diberhentikan antarwaktu oleh calon PAW dengan perolehan suara terbanyak berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari parpol yang sama dan dapil yang sama. Alasan Pemberhentian Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri (Permintaan sendiri, Ditetapkan sebagai calon peserta dalam   Pemilihan Kepala Daerah), diberhentikan.

Rakor PAW ( Pergantian Antar Waktu) dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2019 bertempat dikantor KPU Kab. Pasuruan. Hadir dalam Rakor PAW diantaranya Ketua KPU Prov. Jawa timur beserta anggota, semua Ketua dan Divisi Tehnis KPU Kab/Kota serta satu orang operator SIPAW Kab/Kota dilingkungan provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya ketua KPU provinsi Jawa Timur berpesan agar KPU Kab/Kota cepat dan cermat dalam melaksanakan PAW karena dalam PKPU 6 tahun 2017 dan PKPU 6 tahun 2019 sebagai dasar melaksanakan PAW menjelaskan waktu maksimal 5 hari aktif KPU Kab/Kota membalas surat DPRD Kab.Kota mengenai PAW berbentuk Berita Acara Pleno. Cermat artinya KPU Kab/Kota dalam bekerja menetapkan PAW harus berdasarkan PKPU 6 tahun 2017 dan PKPU 6 tahun 2019.

Divisi Tehnis KPU Prov Jatim Insan Qoirawan menjelaskan proses alur PAW dimulai dari pimpinan dewan berkirim surat permintaan calon pengganti anggota dewan kepada KPU Kab/Kota, KPU Kab/Kota mencatat dalam arsip surat masuk, dalam waktu maksimal 5 hari KPU Ka/Kota membalas surat  pimpinan dewan. Dalam waktu maksimal 5 hari KPU Kab/Kota memerikasa dan meneliti dokumen calon PAW terdiri dari SK Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu, SK Penetapan Calon Terpilih dan Memeriksa dokumen lainnya.

Setelah KPU Kab/Kota memeriksa dokumen-dokumen, kemudian KPU Kab. Kota melaksanakan Pleno dan hasil Pleno dicatat dalam berita acara sebagai dasar balasan surat pimpinan dewan mengenai permintaan PAW. (NW)

Anda berada di : Rapat Koordinasi Teknis PAW