KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Rekruitmen Relawan Demokrasi

Telah Dibaca : 496 kali

KPU Nganjuk- dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun, diperlukan adanya program relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih

dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya.

 

Relawan demokrasi nantinya menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Program relawan demokrasi ini melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 5 (lima) segmen pemilih strategis yaitu pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran. Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi itu dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kualitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial politik berbangsa dan bernegara.

Sehubungan hal tersebut, KPU Kabupaten Nganjuk mengundang seluruh warga masyarakat Kabupaten Nganjuk yang memenuhi persyaratan untuk menjadi calon anggota relawan demokrasi, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Pengumuman dapat dilihat disini

Surat Pernyataan Relawan Demokrasi

Daftar Riwayat Hidup Relawan Demokrasi

Anda berada di : Rekruitmen Relawan Demokrasi