KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Relawan Demokrasi Sumbang Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pemilu 2019

Telah Dibaca : 140 kali

KPU Nganjuk- Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk sebagai mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat, merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih, utamanya dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

Bertempat di Hotel Nirwana Nganjuk, hari ini (10/7/2019), dalam acara evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 di KPU Nganjuk, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Kurrotul A'yuni, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Relasi dan seluruh penyelenggara baik PPK maupun PPS, atas capaian partisipasi masyarakat yang meningkat 9,93% jika dibandingkan dengan Pemilu Tahun 2014. “Partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 kali ini mencapai 80,01%, yang mana capaian ini sudah diatas target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang menetapkan target sebesar 77,5%,” tutur A’yuni, yang merupakan satu-satunya komisioner perempuan di KPU Nganjuk.

Puput Putiani, salah satu perwakilan dari Relasi Segmen Perempuan, yang juga sebagai koordinator Relasi KPU Nganjuk, menyampaikan pengalaman selama menjadi anggota Relasi. “Banyak suka dan duka dalam menjalankan agenda sosialisasi, ada beberapa pihak yang kurang mengetahui keberadaan Relasi yang memang ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitas/segmennya, sehingga seringkali dikira bagian dari tim sukses dari peserta Pemilu. Namun itu semua menjadi tantangan tersendiri sebagai anggota Relasi,” pungkasnya.

Dipenghujung acara evaluasi yang juga dihadiri oleh seluruh ketua, anggota dan Sekretaris PPK, serta anggota Relasi, diserahkan Sertifikat kepada perwakilan Relasi atas partisipasinya dalam rangka membantu KPU melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada penyelenggaraan Pemilu 2019. (artnoris)

Anda berada di : Relasi Sumbang Peningkatan Parmas Pemilu 2019