KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

53 Siswa-siswi SDI Miftahul Huda Kunjungi RPP KPU Nganjuk

Telah Dibaca : 168 kali

KPU Nganjuk- Suasana Kantor KPU Nganjuk pada hari kamis (11/10) pagi sangatlah berbeda dari biasanya. Pasalnya, pada hari tersebut ada kunjungan dari SDI Miftahul Huda, Keringan-Nganjuk yang mengajak 53 orang siswa-siswinya untuk mengasah pengetahuan baru terkait demokrasi dan pemilihan umum. Mereka diantar oleh 4 guru perempuan dan 2 guru laki-laki. Adapun dari 53 orang siswa-siswi yang terdiri dari 2 kelas yang meliputi kelas III A dan III B. Sementara itu, jumlah total siswa laki-laki yakni sebanyak 14 orang, Sedangkan untuk jumlah siswi perempuannya berjumlah sebanyak 28 orang.

Mereka datang pada pukul 7.00 WIB dan langsung melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah di Mushola KPU Nganjuk. Setelah itu, mereka berkumpul di depan kantor KPU Nganjuk untuk menghafalkan surat-surat pendek dan mengatur barisan. Setelah itu, sekitar pukul 07.30 WIB. Mereka masuk ke dalam kantor KPU Nganjuk. Iin Tristanti (petugas KPU Nganjuk) yang menjadi tour guide mengenalkan beberapa pernak-pernik pemilihan umum ketika mulai memasuki kantor KPU Nganjuk. Petugas KPU Nganjuk tersebut menerangkan mengenai alur-alur ketika pemilihan umum berlangsung. Setelah itu, siswa-siswi SDI Miftahul Huda tersebut diarahkan menuju RPP (Rumah Pintar Pemilu) untuk melihat beberapa pernak-pernik pilkada. Seperti buku panduan pemilu, surat suara, kotak suara, stiker, gantungan kunci, kaos dan poster-poster tentang pemilihan umum.

Setelah dari rumah pintar pemilu, seluruh siswa-siswi beserta para guru memasuki ruang rapat untuk melaksanakan pembukaan acara. Pihak KPU Nganjuk menyambut hangat kedatangan para siswa-siswi SDI Miftahul Huda tersebut. Sementara itu, Dedih Sutardi (Sekretaris KPU Nganjuk) memberikan sambutan selamat datang kepada pihak SDI Miftahul Huda. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan ini. "saya berharap nantinya siswa-siswi ini akan mendapatkan banyak manfaat dari pengalaman berharga ini. karena kalian semua adalah generasi penerus bangsa. Untuk itu kalianlah yang nantinya akan menjadi penerus-penerus kami," tutur Dedih Sutardi memberikan penjelasan.

Sementara itu, Yudha Harnanto (Div. Hukum KPU Nganjuk) memberikan pernyataan terkait contoh demokrasi di dalam kehidupan sehari-hari. Beliau mengatakan bahwa "Sebuah proses demokrasi sebenarnya sudah adik-adik kenal dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam hal makanan. Terkadang adik-adik ada yang suka makan nasi goreng, gado-gado, nasi pecel, soto, bakso dsb. Lalu, kalian semua memilih menu masakan yang berbeda-beda. Tapi, meski pilihan kalian berbeda-beda kalian tetap rukun dan tidak saling mengejek satu sama lain. Begitu pula dengan demokrasi, demokrasi merupakan asas dari negara Indonesia, dimana didalamnya terdapat pemilihan umum yang mengedepankan kebebasan berpendapat dan hak menyuarakan suara. Oleh karena itu, meski pilihan yang dipilih berbeda. Jangan sampai mengejek apalagi bermusuhan satu sama lain," ucap  Yudha kepada murid-murid MI Miftahul Huda.

Sementara itu, Daniar (salah satu guru SDI Miftahul Huda) menyampaikan kesan pesannya "Kami sangat senang sekali, bisa berkunjung di KPU Nganjuk. Ini pengalaman yang benar-benar seru karena selain menambah wawasan murid-murid, mereka juga bisa bersosialisasi dengan baik, khususnya pada saat mereka telah dewasa nanti", ucap Daniar ketika diwawancara setelah acara usai. (iv_zy)

Anda berada di : SDI Miftahul Huda Kunjungi RPP KPU Nganjuk