KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Semakin Terdigitalisasi, Data SDM Semakin Aman dan Cepat Saji

Telah Dibaca : 450 kali

KPU Nganjuk- Semakin terdigitalisasi dan integral dengan sistem jaringan nasional KPU RI, data kita akan semakin aman. Berbagai data ini, termasuk data penyelenggara Pemilu, mulai dari Komisioner, sekretariat hingga panitia ad hoc akan aman dan dapat terjaga. Bukan hanya keberadaannya, tetapi juga ketepatannya.

Karena itu, KPU Kabupaten Nganjuk sangat mengapresiasi diluncurkannya Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu (SIPP) beberapa waktu lalu oleh KPU RI, yang diikuti dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para calon operator aplikasi SIPP untuk memastikan bahwa sistem aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah akses publik atas Sumberdaya Manusia (SDM) KPU ini berjalan sebagaimana mestinya. “Seperti Bimtek SIPP oleh KPU Jawa timur yang sedang berlangsung di Surabaya sekarang ini, kami sangat berterima kasih,” ujar M. Agus Rahman Hakim, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk ketika ditemui di sela-sela pekerjaannya.

Pria yang baru saja mendapat tugas tambahan sebagai Ketua atau koordinator divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat sebagai implikasi penyesuaian Divisi sebagaimana amanat surat KPU RI no 420/KPU/VIII/2016 ini menambahkan, bahwa selama ini data SDM yang dimiliki masih tersimpan dalam bentuk hardcopy dan sebagian di-back-up dalam bentuk softcopy. Namun semuanya masih dalam skala penyimpanan lokal yang masih rawan rusak atau hilang. “Misalnya ada bencana alam, atau pencurian, atau sebab lain. Masih sangat rawan. Berbeda jika data SDM kita juga ada back up di sistem aplikasi secara nasional. Akan lebih terjaga, bukan hanya detailnya, tetapi juga akurasinya. Tidak mudah dirubah orang,” jelasnya panjang lebar.

Di samping itu, dengan digitalisasi dan dibuatnya aplikasi semisal SIPP ini, akan memudahkan bagi KPU untuk menyediakan data manakala ada permintaan data oleh masyarakat, sebagaimana dilindungi oleh Undang-Undang Keterbukaan Informasi. Dituturkan oleh Kepala Biro SDM KPU RI, Lucky Firmandy Majantokaro, dalam memberikan pengarahan kepada para calon operator aplikasi SIPP dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur dalam diklat yang berlangsung tiga hari, antara tangga 10 sampai 13 Agustus ini,  bahwa tujuan dari SIPP ini adalah menyediakan data penyelenggara mulai dari komisioner, sekretariat sampai penyelenggara ad hoc, yakni PPK, PPS dan KPPS. “Apabila sewaktu-waktu ada permintaan data tentang hal itu, kita sudah siap,“ tuturnya. (kim)

Anda berada di : Semakin Terdigitalisasi, Data SDM Semakin Aman dan Cepat Saji