KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Nganjuk Lakukan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Keuangan Tahapan Pemilu 2019

Telah Dibaca : 57 kali

KPU Nganjuk- Bertempat di Hotel Merah 2 Sarangan, Magetan-Jawa Timur. KPU Nganjuk menggelar rapat pertemuan penting antara sekretaris dan bendahara dari 20 kecamatan yang tersebar di kabupaten Nganjuk pada jum'at (6/10) malam. Rapat pertemuan ini membahas mengenai sosialisasi pedoman pelaksanaan keuangan tahapan pemilihan umum tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 4 komisioner KPU Nganjuk yakni, M. Agus Rahman Hakim (Ketua KPU Nganjuk yang juga merangkap Divisi Parmas), M. Pujiono (Divisi Teknis KPU Nganjuk), M. Kustoyo (Div. Keuangan, Umum dan Logistik KPU Nganjuk) dan Yudha Harnanto (Div. Hukum KPU Nganjuk).

Pada pembukaan acara, seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan serempak. Setelah itu, ada pemaparan singkat yang disampaikan oleh M. Agus Rahman Hakim mengenai sosialisasi pedoman pelaksanaan keuangan tahapan pemilu tahun 2019. "Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sosialisasi ini, yakni mengenai alur-alur yang harus dipahami oleh seluruh elemen baik ditingkat PPK dan PPS. Sehingga, jika terjadi keterlambatan dalam pencairan. Mereka bisa mengerti mengenai proses dan alur yang berlaku. Kemudian terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak atas suporting dan dukungan terhadap tahapan-tahapan Pemilu tahun 2019 yang masih berlangsung hingga saat ini," tutur Ketua KPU Nganjuk dengan tegas.

Selain itu, M. Agus Rahman Hakim juga menghimbau kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk menyisihkan sedikit rezekinya kepada saudara kita yang terkena musibah gempa dan tsunami di Sulawesi. Beliau juga menyampaikan berita duka terkait Basuki Rahmat (Sekretaris Pertama KPU Nganjuk) yang barusaja meninggal dunia dan meminta kiriman Al-fatihah yang ditujukan khusus untuk almarhum.

Selanjutnya ada juga penyampaian materi terkait pelaksanaan keuangan tahapan pemilu tahun 2019 yang disampaikan oleh Dedih Sutardi (Sekretaris KPU Nganjuk) yang membahas tentang PKPU nomor 320/PP.02-Kpt/02/KPU/IV/2018 yang membahas terkait petunjuk pelaksanaan dan pertanggung jawaban penggunaan anggaran tahapan Pemilu tahun 2019. Dalam materi tersebut terdapat beberapa alur tentang anggaran untuk BPP Adhoc dalam negeri.

Dedih Sutardi menyampaikan bahwa "Alur yang diatur tersebut bermula dari SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) yang disampaikan oleh PPK kepada Pejabat Pembuat komitmen KPU Kab/kota selanjutnya akan disampaikan kepada KPA KPU Kab/Kota yang kemudian diproses di KPPN. Setelah dari KPPN akan dikembalikan lagi ke KPA KPU Kab/kota, kemudian disampaikan kepada Pejabat Pembuat Komitmen KPU/Kota untuk diproses menjadi SPP TUP yang kemudian disampaikan kepada PPSPM untuk permohonan persetujuan, setelah disetujui oleh PPSPM kemudian SPM TUP tersebut diserahkan ke KPPN untuk nantinya dicairkan kepada Bendahara Pengeluaran KPU Kab/Kota yang selanjutnya akan diserahterimakan kepada para PPK," Ucap Dedih Sutardi mengakhiri sambutannya. Acara ini dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 22.00 WIB. (iv_zy)

Anda berada di : Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Keuangan Tahapan Pemilu 2019