KPU Kabupaten Nganjuk

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KPU Nganjuk Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Telah Dibaca : 90 kali

KPU Nganjuk- Tepatnya pada hari senin (1/10) pagi, halaman KPU Nganjuk dipenuhi oleh seluruh staf dan anggota KPU Nganjuk. Mereka melaksanakan upacara untuk memperingati hari kesaktian pancasila. Dimana, sekitar pukul 08.00 s/d 10.00 WIB. Upacara kesaktian Pancasila ini resmi digelar oleh KPU Nganjuk. Adapun upacara kesaktian Pancasila ini merupakan moment yang dilakukan secara serentak oleh KPU RI, KPU Provinsi dan KPU kota/kabupaten Se-Indonesia.

Pelaksanaan upacara di KPU Nganjuk  diawali oleh seluruh petugas upacara yang telah bersiap diri untuk menjalankan tugas yang diembannya. Pengibaran sang merah putih dilaksanakan.  Seluruh peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan hikmat. Adapun yang menjadi inspektur upacara yakni M. Agus Rahman Hakim (Ketua KPU Nganjuk), beliau menyampaikan mengenai sejarah terbentuknya negara Indonesia yang didasari oleh perjuangan para pahlawan-pahlawan bangsa.

M. Agus Rahman Hakim menyatakan bahwa "Untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur, kita semua harus memenjalankan amanah-amanah yang diemban. Kita semua juga harus mengerti apa arti pancasila yang sebenarnya. Karena sudah dari jauh-jauh hari atau bahkan sebelum kemerdekaan diperjuangkan. Para kiai dan ulama' telah menyebutkan, bahwa negara Indonesia itu merupakan negara yang istimewa. Karena Indonesia memiliki landasan Pancasila yang dianggap menjadi sebuah dasar negara yang memiliki sebuah kekuatan. Namun pada perjalanannya, ada banyak pemberontakan-pemberontakan yang terjadi. Tidak hanya itu, makar-makar yang dilakukan oleh sejumlah pihak yang ingin mengambil keuntungan itu pun juga terjadi hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah adanya golongan Hisbut Tahrir yang baru-baru ini telah dibubarkan dan dianggap merupakan aliran keras yang ingin menggantikan asas demokrasi Pancasila dengan paham Khilafah. Oleh karena itu, kita semua dituntut untuk terus waspada dan memahami makna pancasila secara lebih mendalam," tutur ketua KPU Nganjuk tersebut begitu tegas. (iv_zy)

Anda berada di : Upacara Hari Kesaktian Pancasila